PEZMP3

Business News, Entertainment, Games, Technology

5 Cara Memanfaatkan Instagram Untuk Bisnis Online Yang Wajib Anda Ketahui!

5 Cara Memanfaatkan Instagram Untuk Bisnis Online Yang Wajib Anda Ketahui!

Bagaimana cara memanfaatkan instagram untuk bisnis?, Khusus untuk anda, kali ini kami akan mengupasnya secara tuntas.

Pada awalnya, Instagram memang ditujukan sebagai platform media sosial dimana penggunanya dapat berbagi foto atau video singkat di dalamnya. Namun semakin berjalannya waktu, Instagram pun saat ini dapat digunakan sebagai media bisnis online.

Saat ini, semakin banyak brand hingga UKM yang menggunakan media sosial yang diluncurkan tahun 2010 ini untuk memasarkan produknya. Instagram sendiri juga mendukung penggunanya yang memiliki brand atau UKM dengan menyediakan berbagai fitur menarik di dalamnya.

Untuk memanfaatkan instagram untuk bisnis, sebenarnya dapat dikatakan cukup sederhana untuk dijelaskan. Namun memang butuh kesabaran extra dalam aplikasinya. Pasalnya, membangun brand bisnis di Instagram ini bukanlah hal instan yang dapat dilakukan dalam satu hari.

Bagaimanakah Cara Memanfaatkan Instagram Untuk Bisnis?

Untuk anda yang ingin mencoba membangun brand atau toko online di Instagram, anda mungkin dapat mencoba mengikuti beberapa cara berikut ini:

Ubah Akun Anda Menjadi Akun Bisnis

Bagaimanakah Cara Memanfaatkan Instagram Untuk Bisnis?
source: howtostartanllc.com

Jika anda ingin memanfaatkan Instagram untuk mempromosikan produk anda, maka anda lebih disarankan untuk mengubah akun instagram anda menjadi akun instagram bisnis. Hal ini adalah salah satu pengetahuan dasar tentang cara berjualan di instagram untuk pemula. 

Meskipun instagram menawarkan banyak fitur yang dapat digunakan untuk berjualan online di dalamnya. Namun harus diakui bahwa akun instagram bisnis memiliki keunggulan lebih banyak dibandingkan dengan akun instagram pribadi (biasa). Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Layanan Iklan, Akun Instagram bisnis memungkinkan anda menggunakan layanan iklan untuk memasarkan produk anda.
  • Insight, fitur instagram bisnis dilengkapi dengan fitur insight yang memungkinkan anda untuk mendapatkan informasi terkait dengan akun dan postingan anda seperti jumlah kunjungan ke halaman profile, klik tautan di halaman profil, demografi pengunjung hingga interaksi di postingan anda.
  • Jangkauannya lebih luas, dibandingkan dengan akun pribadi, akun instagram bisnis memiliki jangkauan yang lebih luas. Ketika memasarkan produk di media sosial, calon pembeli juga cenderung lebih tertarik pada akun bisnis, dibandingkan dengan akun pribadi.
  • Dapat tampilkan informasi kategori bisnis, anda dapat menampilkan informasi kategori dari bisnis atau toko online anda pada halaman profile. Misalnya, anda dapat menampilkan kategori shopping mall pada toko online anda.

Mencantumkan Tautan di Halaman Profil Anda

Instagram memberikan kemudahan bagi anda yang memiliki toko online atau situs bisnis untuk ditautkan pada halaman profil instagram anda. Dalam hal ini, anda tidak boleh melewatkan kesempatan ini, tautkanlah link toko online atau landing page penjualan produk anda di halaman profil Instagram anda.

Dengan melakukan hal ini, anda akan dapat menggiring pengguna Instagram untuk mengeksplorasi lebih jauh terkait produk-produk yang anda tawarkan. Cara ini dapat anda gunakan untuk mengumpulkan data para pelanggan yang tertarik dengan bisnis anda dan menjadikannya mailing list untuk dihubungi kembali. Di lain sisi, anda juga dapat mendapatkan kunjungan organik untuk situs website anda.

Menjadwalkan Dan Mengatur Postingan Anda

Masih membahas mengenai cara memanfaatkan instagram untuk bisnis, menjadwalkan dan mengatur postingan menjadi hal lain yang dapat anda lakukan. Saat ini, banyak sekali toko online yang menghadirkan pola atau desain tertentu pada kolom feeds di halaman profil akun instagram bisnis. 

Bukan tanpa sebab, hal ini dilakukan demi menata profile toko online nya menjadi lebih menarik. Selain itu, hal tersebut juga dapat memudahkan pengunjung untuk melihat konten-konten yang dibagikan.

Cobalah untuk membuat postingan dengan konsep warna tertentu yang nyaman untuk dilihat di halaman profile. Misalnya, anda dapat merencanakan untuk memposting konten dengan warna tosca untuk 6 hari ke depan dan kemudian warna putih untuk 6 hari ke depannya lagi.

Jika telah diaplikasikan dengan baik, maka anda akan melihat perubahan halaman profile instagram toko online menjadi lebih sedap dipandang. 

Selain itu, pastikan bahwa anda memposting konten di akun instagram bisnis anda secara teratur. Menurut beberapa sumber, jumlah post yang disarankan dalam 1 hari sendiri adalah 3 kali. Anda dapat memposting konten tersebut pada jam-jam prime time seperti jam 06.00-08.00 pagi, 16.00-16.30 sore dan 18.00-23 malam.

Membuat Konten Yang Menarik Dengan Variasi Hashtag

Cara memanfaatkan instagram untuk bisnis online yang terakhir yang dapat anda lakukan adalah membuat konten menarik di akun instagram anda. Pada bagian ini, banyak pebisnis yang melakukan kesalahan dengan hanya memposting produk yang mereka jualkan. Hal ini membuat para pengguna instagram menjadi enggan untuk mengikuti akun tersebut.

Para pengguna instagram cenderung mencari konten yang bukan hanya sekadar tentang jualan, namun juga menghibur maupun edukatif. Di sini, tugas anda untuk melakukan riset mengenai hal tersebut. Anda dapat melakukannya dengan mengintip jenis konten yang diposting oleh kompetitor anda dan memodifikasinya menjadi lebih baik atau menarik.

Misalnya, akun instagram anda menjual produk berupa kosmetik. Sesekali anda dapat mempertimbangkan untuk memposting konten edukasi terkait kosmetik, misalnya bahaya lipstik abal-abal, tips memilih lipstik dan lainnya.

Masih juga terkait dengan cara memanfaatkan instagram untuk bisnis online yang dijelaskan di atas, anda juga disarankan untuk menggunakan variasi hashtag pada setiap postingan anda. Semakin banyak variasi hashtag yang anda gunakan, maka semakin luas jangkauan postingan tersebut.

Namun sebagai catatan, pastikan bahwa hashtag yang anda gunakan pada postingan anda relevan dengan isinya. Sehingga anda dapat menjangkau target yang sesuai dengan bisnis online anda.

Perlu Diingat Bahwa Followers Itu Penting!

Salah satu hal yang harus anda ketahui ketika memulai bisnis online di Instagram adalah keberadaan followers itu sangat penting dalam strategi bisnis di era digital ini. Followers bukan hanya mencerminkan jumlah pengguna instagram yang tertarik dengan bisnis dan produk anda. Namun juga menjadi pertimbangan calon pembeli ketika memilih toko online untuk berbelanja.

Sebagai analogi sederhana, orang akan lebih memilih untuk berbelanja di akun instagram toko online yang memiliki follower banyak ketimbang dibandingkan di akun dengan jumlah follower sedikit, meskipun keduanya menjual produk yang sama.

Sederhananya, jumlah followers juga dapat meningkatkan nilai kepercayaan terhadap akun instagram toko online anda. 

Terdapat banyak cara yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan jumlah followers instagram ini, misalnya dengan membuat konten dengan potensi viral, mengikuti sejumlah akun artis atau influencer dan masih banyak lagi. Memang cara tersebut tidak dapat dilakukan dengan cepat. Butuh riset dan juga penerapan yang baik untuk mewujudkannya. 

Namun jika anda ingin menambah followers dengan cara yang lebih cepat, anda dapat menggunakan jasa followers sebagai pilihan. Jasa ini akan menaikkan jumlah followers anda sesuai dengan permintaan atau paket yang ditawarkan. Cara ini merupakan salah satu cara yang paling banyak digunakan oleh para pelaku bisnis online di Instagram.

Itulah sedikit ulasan dari kami mengenai cara memanfaatkan instagram untuk bisnis. Semoga ulasan yang kami bagikan ini akan dapat membantu anda mengembangkan bisnis di platform social media yang satu ini. Selamat mencoba.