Informasi

Cara Merawat CCTV dan DVR Agar Tahan Lama

Pada ulasan ini kami menjelaskan cara merawat CCTV dari hujan dan cuaca buruk. Cuaca dapat sangat mempengaruhi kamera CCTV.

Air dapat menurunkan suhu kamera CCTV. Sementara itu, panas terik matahari dapat sangat meningkatkan suhu kamera CCTV, terutama kamera CCTV yang dipasang di luar ruangan. Hal ini tentunya sangat berbahaya jika kamera CCTV tidak memiliki proteksi tambahan sehingga mengakibatkan umur CCTV menjadi pendek.

Cara Merawat CCTV dari Hujan

Ada beberapa cara untuk melindungi kamera CCTV dari cuaca yang tidak terduga. Adalah sebagai berikut.

Gunakan Kamera CCTV Tahan Cuaca/Weatherproof

Cara pertama dan termudah adalah dengan membeli kamera CCTV dengan fitur tahan cuaca. Anda bisa memilih kamera CCTV dengan kode IP65 atau IP66.

Kamera CCTV dengan kode IP65 adalah jenis CCTV yang paling populer dan sering dipasang di luar ruangan. Kamera CCTV outdoor memiliki bentuk yang agak lonjong. Sedangkan video surveillance di dalam ruangan berbentuk bulat.

Untuk kode IP66 yang menggambarkan kamera CCTV tahan terhadap cipratan air. Model kamera terbaru saat ini memiliki kode IP67. Kode IP67 menjelaskan bahwa kamera CCTV tidak hanya tahan guncangan tetapi juga tahan terhadap perendaman dalam air hingga 1 meter dalam waktu 30 menit.

Anda bisa menghubungi Passive CCTV Jambi untuk mendapatkan paket kamera CCTV teknologi terbaru.

Gunakan Pelindungi Kamera CCTV

Cara merawat CCTV dari cuaca ekstrim adalah dengan membeli pelindung kamera CCVT. Pelindung untuk kamera CCTV biasanya terbuat dari logam.

Anda dapat menempatkan kamera CCTV di pelindung kamera untuk menghindari air dan panas. Harga pelindung kamera ini bervariasi. Itu tergantung pada ukuran pelindung kamera yang ingin Anda beli.

Memasang Kamera CCTV di Area Terlindungi

Memasang kamera di area terlindung juga dapat melindungi kamera CCTV dari cuaca buruk. Misalnya, Anda dapat memasang kamera luar ruangan di bawah penutup teras. Mungkin ini adalah cara terakhir yang terbaik untuk melindungi kamera CCTV Anda.

Cara Merawat CCTV dan DVR

Setelah Anda selesai memasang CCTV, langkah selanjutnya adalah merawatnya. Langkah ini dilakukan agar perangkat CCTV Anda dapat digunakan secara permanen.

Ada dua komponen penting dalam sebuah unit CCTV, yaitu unit DVR (Digital Video Recorder) dan unit CCTV. Jika salah satu saja yang bermasalah, CCTV tidak akan bisa merekam dan menampilkan gambar.

Cara Merawat DVR

Bagaimana cara merawat CCTV dan perangkat DVR yang baik dan benar? Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Menemukan lokasi DVR

Pilih dan letakkan DVR di ruangan dengan sirkulasi udara. Pastikan ruangan kering dan sejuk.

Related Post

Jika Anda menempatkan DVR di luar ruangan. Anda harus membersihkan unit DVR lebih sering dari debu dan kotoran yang menempel padanya.

2. Instal perangkat tambahan

Anda tidak selalu mengetahui kondisi arus listrik yang menuju ke DVR. Arus yang naik turun sangat berbahaya bagi kondisi unit DVR. Oleh karena itu, Anda perlu mengerahkan peralatan tambahan seperti UPS dengan cepat.

UPS dapat menjaga daya yang masuk ke unit DVR tetap stabil. Disarankan agar DVR Anda dipasang dengan pelindung lonjakan arus untuk menghindari masalah yang disebabkan oleh lonjakan daya seperti lonjakan daya. B. tegangan lebih yang disebabkan oleh petir.

3. Periksa bagian dalam DVR

Periksa bagian dalam DVR secara teratur sekali atau dua kali setahun untuk membersihkan motherboard dari kotoran dan debu. Jika perlu, gunakan perangkat kompresor udara untuk membersihkannya.

Selalu periksa kondisi konektor kamera yang terhubung ke DVR apakah sudah terpasang dengan benar atau tidak.

4. Pembaruan firmware

Anda dapat mengunjungi situs web penyedia CCTV Anda untuk melihat apakah unit DVR yang terpasang memiliki versi firmware terbaru.

Firmware terbaru pasti akan meningkatkan kinerja DVR jika firmware sebelumnya memiliki kelemahan, penambahan protokol, konfigurasi tambahan, fungsi tambahan, dll. Pastikan juga bahwa firmware benar-benar cocok untuk DVR yang diinstal.

Cara Merawat CCTV

Merawat unit CCTV lebih mudah daripada merawat unit DVR.

Berikut langkah cara merawat CCTV yang bisa Anda lakukan:

1. Bersihkan komponen CCTV

Unit CCTV selalu ditempatkan di tempat yang panas dan berdebu. Anda harus sering membersihkannya untuk itu. Bersihkan bagian luar setidaknya setiap 6 bulan sekali.

2. Periksa power supply

Power supply adalah alat yang digunakan dan memberikan daya agar CCTV dapat dinyalakan. Perangkat ini biasanya tidak jauh dari DVR. Bersihkan catu daya dari debu dan kotoran. menghindari korsleting.

Selanjutnya cek arus yang masuk ke unit CCTV apakah masih stabil atau tidak. Jika tidak stabil maka akan mengakibatkan tampilan CCTV pada monitor tidak maksimal.Jika Anda punya banyak waktu, Anda bisa langsung mengecek jalur kabel di CCTV.

Anda dapat mengambil langkah sederhana ini untuk merawat CCTV dan DVR Anda. Namun untuk Anda yang membutuhkan jasa layanan pasang cctv dengan kualitas dan harga terbaik, Anda bisa kunjungi website mahavision.id, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Cara Menukarkan Koin Snack Video ke Rupiah

Peter

Recent Posts

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah Second

Apa saja sih yang harus diperhatikan saat membeli rumah second? Membeli dan memiliki rumah sendiri…

5 hari ago

3 Prosedur Beli Rumah Cash dari Developer

Bagaimana sih prosedur beli rumah cash dari developer? Hm, bagi Anda yang berniat ingin membeli…

2 minggu ago

5 Pemain Arsenal Memakai Jersey Nomor 19 Sebelum Nicolas Pepe

Pemain Arsenal - Nicolas Pepe masih menjadi pemain termahal yang pernah dibeli Arsenal. Namun, dia…

2 bulan ago

Cara Menukarkan Koin Snack Video ke Rupiah

Cara Menukarkan Koin Snack Video - Kali ini, kami akan menunjukkan cara menukar uang dengan…

4 bulan ago

Best Zayn Malik Top 5 Songs to Download on Mp3Juice

Are you sad or getting bored? These Zayn Malik top 5 songs will accompany you!…

5 bulan ago

10 Referensi Indikator Teknis dari Autotrade Gold

Keberhasilan trading tidak ditentukan oleh indikator teknis apa yang Anda gunakan, tetapi bagaimana Anda menggunakan…

5 bulan ago