Traveling

10 Ucapan dan Doa untuk Orang Berangkat Haji Mabrur

Ucapan dan doa untuk orang berangkat haji mabrur merupakan ekspresi bahagia atas diberikannya kesempatan naik haji untuk sesama umat Muslim. Apalagi di di dalam Islam sendiri, mendoakan orang yang akan berangkat haji supaya selamat, sehat, dan dapat melaksanakan ibadah haji dengan sempurna merupakan sebuah anjuran. 

Bahkan anjuran ini tidak hanya untuk mendoakan, namun juga menitipkan doa kepada orang yang akan berangkat haji. Terlebih, tradisi mengantar orang yang akan naik haji sudah dilakukan sejak zaman Rasulullah SAW. Untuk itu, kita sebagai umat Muslim penting untuk mengetahui bacaan doa naik haji dan beberapa ucapan, untuk orang yang akan pergi ke Tanah Suci agar mabrur. 

Bacaan Doa untuk Orang Berangkat Haji Mabrur

Dengan berangkat naik haji, tandanya seseorang telah menyempurnakan rukun Islam yang ke-5. Selain itu, haji merupakan ibadah yang sangat mulia dan penuh hikmah. Ibadah ini juga merupakan perjalanan suci yang mengharuskan seseorang meninggalkan segala kesibukan dan kenikmatan dunia untuk mengabdikan diri kepada Allah SWT.

Bagi orang yang berangkat haji, tentu saja ada banyak doa yang harus dipanjatkan agar perjalanan haji berjalan lancar, aman, dan mabrur. Selain mengetahui haji plus berapa hari, kita juga harus mempelajari doa-doa yang akan dipanjatkan. 

Dengan berdoa, kita memohon perlindungan, pertolongan, dan ridha Allah SWT. Berikut ini adalah beberapa bacaan doa untuk orang berangkat haji mabrur yang bisa diucapkan oleh diri sendiri atau oleh orang yang melepasnya.

1. Doa dari Rasulullah SAW

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ الْخَطْمِىِّ قَالَ كَانَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا أَرَادَ أَنْ يَسْتَوْدِعَ الْجَيْشَ قَالَ أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكُمْ وَأَمَانَتَكُمْ وَخَوَاتِي أَعْمَالِكُمْ

Doa untuk orang berangkat haji mabrur dari Abdullah al Khatmi, ia mengatakan, “Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi membekali (memberangkatkan) pasukan, beliau mendoakan (yang artinya): Aku menitipkan agama kalian, amanah kalian dan perbuatan terakhir kalian kepada Allah” (HR. Abu Daud)

Artinya: Aku menitipkan agamamu, amanahmu dan perbuatan terakhirmu kepada Allah.

Related Post

2. Doa dari Abdullah bin Umar RA

عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ كَانَ أَبِى عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ إِذَا أَتَى الرَّجُلَ وَهُوَ يُرِيدُ السَّفَرَ قَالَ لَهُ ادْنُ حَتَّى أُوَدِّعَكَ كَمَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُوَدِّعُنَا فَيَقُولُ أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

Doa untuk orang berangkat haji mabrur dari Salim bin Abdullah, ia berkata, ketika seseorang yang hendak berangkat safar datang kepada Abi Abdullah bin Umar, ia mengatakan, “mendekatlah padaku, aku akan mendoakanmu sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mendoakan kami (yang artinya): Aku menitipkan agamamu, amanahmu dan perbuatan terakhirmu kepada Allah” (HR. Ahmad)

Artinya: Aku menitipkan agamamu, amanahmu dan perbuatan terakhirmu kepada Allah.

3. Doa dari Sayyid Sabiq

زَوَّدَكَ اللَّهُ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ

Merujuk dari Kitab Fiqih Sunnah Jilid 2 karya Sayyid Sabiq, ada bacaan doa untuk orang yang berangkat haji, yang artinya: Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosamu, dan memudahkanmu dalam jalan kebaikan di mana pun kau berada.

10 Ucapan untuk Orang Berangkat Haji Agar Mabrur

Selain doa untuk orang berangkat haji mabrur, kita juga bisa memberikan ucapan untuk orang berangkat haji. Ucapan ini bisa berupa harapan, motivasi, atau permintaan doa. Berikut ini adalah beberapa contoh ucapan untuk orang berangkat haji agar mabrur yang bisa kita sampaikan:

  1. Selamat menunaikan ibadah haji. Semoga ibadah yang kau lakukan mendapat ridha Allah dan menjadi haji yang mabrur.
  2. Selamat berhaji, saudaraku. Semoga Allah memberimu kemudahan, kesabaran, dan keikhlasan dalam menjalankan ibadah haji. Jangan lupa doakan kami yang masih menunggu panggilan-Nya.
  3. Selamat menempuh perjalanan suci menuju Baitullah. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya padamu. Semoga kamu menjadi haji yang mabrur dan membawa berkah bagi keluarga dan umat.
  4. Selamat menunaikan ibadah haji, sahabatku. Semoga ibadah yang kalian lakukan memperoleh ganjaran yang setimpal dari Allah. Semoga kalian pulang dengan sehat, sejahtera, dan penuh ampunan.
  5. Selamat berhaji, kawanku. Semoga Allah menerima haji dan amal ibadahmu, dan kamu menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih dekat dengan Allah. Semoga haji mabrur menyertai seluruh amalan hajimu.
  6. Selamat menunaikan ibadah haji. Semoga diberikan kekuatan selama menunaikan ibadah haji. Semoga Allah menganugerahkan perbekalan takwa kepadamu, menegakkan dirimu pada kebaikan, dan mencukupi petunjuk-Nya padamu.
  7. Selamat menunaikan ibadah haji, sahabatku. Semoga Allah memudahkan segala urusanmu di Tanah Suci. Semoga Allah menerima doa-doa yang kamu panjatkan dan menghapus dosa-dosa yang kamu lakukan. Semoga haji mabrur menjadi bagian dari hidupmu.
  8. Selamat menunaikan ibadah haji, kakakku. Semoga Allah memberimu kesempatan untuk beribadah dengan khusyuk, bersih dari dosa, dan kembali dengan haji yang mabrur. Semoga Allah menjaga kesehatanmu dan keluargamu.
  9. Selamat menunaikan ibadah haji, adikku. Semoga Allah melindungimu dari segala marabahaya dan godaan, dan memberimu keberkahan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Semoga haji mabrur menjadi bekal untuk akhiratmu.
  10. Selamat menunaikan ibadah haji, saudaraku. Semoga Allah menjadikanmu hamba-Nya yang taat, sholeh, dan bermanfaat. Semoga haji mabrur menjadi saksi atas keimananmu.

Penutup

Demikianlah beberapa bacaan doa untuk orang berangkat haji mabrur dan ucapan yang bisa kita panjatkan. Semoga ini semua akan menjadi manfaat dan amal jariyah bagi kita semua. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayah, rahmat, maghfirah, dan memudahkan seluruh proses cara daftar haji kepada kita semua. Aamiin.

Peter

Recent Posts

5 Strategi Efektif untuk Menangani Rasa Kantuk

Apakah Anda sering merasa kantuk di tengah hari, saat bekerja, atau bahkan saat berkendara? Rasa…

11 jam ago

10 Film yang Diperankan Ma Dong Seok, Aktor Film Aksi Asal Korea!

Kita akan membahas film Ma Dong-Seok atau film yang diperankan Ma Dong Seok; aktor film…

2 bulan ago

Mencari Rumah di Serpong Harga 150 Juta: Mungkinkah?

Rumah di Serpong Harga 150 Juta - Serpong, sebuah kawasan di Tangerang Selatan, dikenal sebagai…

2 bulan ago

Eksplorasi Game Offline Seru untuk Remaja: Mengapa Mereka Layak Dicoba?

Portal Berita Game Indonesia - Dalam era teknologi modern ini, game telah menjadi bagian tak…

3 bulan ago

Koin Ungu Higgs Domino Untuk Apa? Yuk Kita Cari Tahu

Higgs Domino, sebagai salah satu permainan domino online yang populer, terus memikat jutaan pemain dengan…

4 bulan ago

Biaya Haji Plus untuk 2 Orang dalam Rupiah

Biaya haji plus untuk 2 orang dinilai lebih murah apalagi dengan fasilitas dan masa tunggu…

6 bulan ago