Interior & Eksterior

6 Tanaman Hias Outdoor Yang Mudah Dirawat

Memiliki pekarangan di sekitar rumah cocok sekali jika digunakan untuk menghadirkan tanaman hias outdoor yang mudah dirawat. Pasalnya, tanaman akan membuat sebuah rumah terlihat semakin indah dan asri. 

Akan tetapi, ada macam-macam tanaman rumah outdoor dengan fungsi yang berbeda. Tenang, kami akan menghadirkannya untuk Anda di dalam artikel ini agar hunian yang ditempati menjadi lebih asri dan nyaman. 

Macam-Macam Tanaman Hias Outdoor Yang Mudah Dirawat

Ada banyak macam-macam tanaman hias outdoor yang sebenarnya mudah sekali dirawat. Dengan minimnya intensitas perawatan, tentu akan membuat Anda tidak perlu terlalu sibuk menjaga tanaman tersebut sepanjang hari. 

Namun meskipun begitu, Anda tetap harus memperhatikan kapasitas tanaman dengan luas pekarangan di rumah. Jika taman di rumah tidak terlalu luas, maka Anda bisa hindar jenis tanaman yang tumbuh sangat besar. Namun, simak beberapa pilihan tanaman hias outdoor yang bisa dipilih untuk membuat lingkungan menjadi semakin asri, sebelum memilih perpaduan warna cat tembok dan kayu.

1. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya kerap menjadi tanaman hias di pekarangan rumah. Dengan bentuk daunnya yang menyerupai tanduk dan berduri, tentu ini menjadi salah satu ciri khas yang cantik untuk dijadikan sebagai tanaman. 

Namun selain dijadikan tanaman hias, lidah buaya juga sering digunakan sebagai bahan dasar sampo dan juga krim gel. Hal ini dikarenakan daging dari tanaman lidah buaya memiliki banyak kandungan sari alami yang bisa menutrisi rambut dan kulit.

2. Bougenville

Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat berikutnya adalah bougenville. Tumbuhan ini sebenarnya sering sekali disebut sebagai bunga kertas karena memiliki kelopak yang tipis. Tanaman hias ini mempunyai beberapa variasi lainnya dan warna yang cantik sehingga cocok Anda tempatkan pada pekarangan rumah. 

Anda bisa tanam tumbuhan ini ke dalam pot atau menjadikannya sebagai tanaman pagar. Jika Anda menggunakan cat rumah warna cream susu, tanaman ini cocok menghiasi bagian luar rumah rumah Anda. 

3. Bunga Pukul 9

Mungkin Anda pernah melihat tanaman ini sebelumnya. Bunga pukul 9 adalah tanaman hias yang cukup mudah dirawat. Tanaman hias ini terkenal juga dengan nama krokot atau nama latinnya Portulaca Grandiflora. Bahkan ada sumber yang menjelaskan  bahwa bunga pukul 9 terdiri dari 100 spesies yang tersebar di daerah tropis dan subtropis. 

Related Post

Taman hias outdoor ini memiliki bentuk bunga yang cantik dengan warna yang indah. Umumnya, pemilik rumah menempatkan bunga ini di dalam pot gantung atau ditanam sebagai groundcover, mengingat pertumbuhan yang sangat cepat. 

4. Bunga Euphorbia

Bunga Euphorbia adalah tanaman hias outdoor yang mudah dirawat. Bahkan bunga ini bisa menciptakan nuansa rumah yang minimalis karena memiliki warna dan bentuk yang sederhana namun tetap memancarkan keindahan. Terdapat duri pada batangnya, bunga ini juga diketahui terdiri dari 2000 spesies dengan aneka ragam warna seperti ungu, hijau, coklat, dan merah. 

Selain itu, bunga Euphorbia masuk ke dalam bunga yang tidak suka dengan air yang terlalu banyak. Jadi, taman hias ini membutuhkan sinar matahari yang banyak untuk pertumbuhannya yang maksimal. Tidak hanya dijadikan sebagai tanaman hias, bunga Euphorbia juga dijadikan sebagai obat herbal untuk penyakit malaria, diare, dan hepatitis. 

5. Heliconia

Siapa yang pernah menganggap Heliconia sebagai salah satu tanaman pisang-pisangan sewaktu kecil? Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat ini masuk ke dalam keluarga tanaman Heliconiaceae, yang memang mirip seperti pohon pisang. 

Batangnya memiliki pelepah dan daunnya pun hampir mirip dengan daun pohon pisang. Wajar saja anak-anak kecil sering menjadikannya sebagai mainan karena memang memiliki kemiripan. 

Heliconia adalah bunga yang cantik dan bisa memberikan kesan indah dari setiap tempat yang ditanamnya. Ini merupakan tumbuhan yang tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Anda bahkan bisa menjadikannya sebagai tanaman hias dan penyerap polusi udara buruk di sekitar halaman rumah. 

6. Kaktus Belimbing

Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat terakhir adalah kaktus belimbing. INi merupakan tanaman hias sukulen yang dapat mempercantik tampilan rumah dan bisa tumbuh hingga 10 meter. Memiliki nama latin Cereus Peruvianus, kaktus belimbing sangat suka dengan banyak cahaya matahari Akan tetapi, tanaman hias ini tidak terlalu suka dengan banaya air.

Jadi, mana tanaman hias outdoor yang mudah dirawat yang akan Anda pilih untuk mempercantik halaman rumah? Kombinasikan juga dengan warna cat rumah yang sejuk agar hunian terasa lebih hidup dan segar.

Peter

Recent Posts

7 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula Dijamin Efektif!

Adakah Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris untuk pemula? Tentu saja. Ada banyak cara untuk belajar…

2 minggu ago

6 Tempat Dugem di Bali yang Hits dan Terpopuler di Pulau Dewata 

Rekomendasi tempat dugem di bali - Bagi kamu yang suka hiburan malam, Bali adalah pilihan…

2 bulan ago

5 Anime Psikopat Terseram dengan Plot Twist Tak Terduga, Rasakan Sensasinya!

Anime Psikopat Terseram - Dalam dunia anime, karakter psikopat seringkali menjadi sumber ketakutan dan ketegangan…

2 bulan ago

5 Film Barat tentang CEO Dingin yang Bikin Baper

Apakah kamu suka menonton film romantis yang mengisahkan hubungan antara seorang CEO yang dingin dan…

2 bulan ago

5 Cara Membersihkan Keramik Selesai Pembangunan Tanpa Ribet

Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik cara membersihkan keramik selesai pembangunan dengan…

3 bulan ago

Strategi Pemasaran Produk 2023 – Panduan Efektif Meningkatkan Penjualan

Penting untuk memahami dampak dari strategi pemasaran produk. Di artikel ini, kita akan merangkum secara…

4 bulan ago