Traveling

Biaya Haji Plus untuk 2 Orang dalam Rupiah

Biaya haji plus untuk 2 orang dinilai lebih murah apalagi dengan fasilitas dan masa tunggu yang tidak selama haji reguler. Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim yang mampu secara finansial, fisik, dan mental. 

Namun, untuk menunaikannya tidak semudah seperti apa yang kita pikirkan. Ada banyak persyaratan dan prosedur yang harus dipenuhi, termasuk menunggu giliran keberangkatan yang bisa mencapai puluhan tahun.

Sebagai alternatif, ada program haji khusus atau haji plus yang ditawarkan oleh pihak penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK) yang bekerja sama dengan Kementerian Agama. Program ini menawarkan fasilitas dan kemudahan lebih bagi calon jemaah haji, seperti waktu tunggu yang lebih singkat, penginapan yang lebih dekat dengan Masjidil Haram, dan bimbingan haji yang lebih intensif.

Namun, tentu saja, program haji plus ini juga memiliki biaya yang lebih tinggi daripada haji reguler. Jika Anda memang memiliki niatan ingin berangkat ke Tanah Suci dan mengambil paket haji plus, simak terus penjelasan kami di dalam artikel ini. 

Berapa Biaya Haji Plus untuk 2 Orang dalam Rupiah?

Biaya haji plus untuk 2 orang tergantung pada paket yang ditawarkan oleh PIHK atau pihak biro travel. Setiap PIHK memiliki harga yang berbeda-beda, sesuai dengan fasilitas dan layanan yang diberikan. Namun, ada batas minimal biaya haji plus yang ditetapkan oleh Kementerian Agama, yaitu 8.000 dolar AS per orang atau sekitar 120 juta rupiah (kurs 15.000 rupiah per dolar AS).

Jadi, biaya haji plus untuk 2 orang minimal adalah 16.000 dolar AS atau sekitar 240 juta rupiah. Namun, angka ini bisa lebih tinggi, tergantung pada paket yang dipilih. Misalnya, ada paket haji plus yang menawarkan penginapan di hotel bintang lima, tenda AC di Arafah, dan penerbangan dengan maskapai premium. Tentu saja, paket seperti ini akan memiliki biaya yang lebih mahal.

Selain biaya paket, calon jemaah haji plus juga harus membayar setoran awal sebesar 4.000 dolar AS atau sekitar 60 juta rupiah per orang. Setoran awal ini berfungsi sebagai tanda jadi dan bukti keseriusan calon jemaah untuk mengikuti program haji plus. Setoran awal ini juga akan dikembalikan jika calon jemaah batal berangkat karena alasan yang sah.

Related Post

Jika Daftar Haji Plus Tahun 2023 Berangkat Kapan?

Salah satu kelebihan dari biaya haji plus untuk 2 orang adalah waktu tunggu yang lebih cepat daripada haji reguler. Jika haji reguler bisa menunggu hingga puluhan tahun, haji plus hanya membutuhkan waktu tunggu sekitar 5 sampai 7 tahun saja. Namun, waktu tunggu ini juga tergantung pada kuota haji yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia.

Kuota haji plus sendiri adalah sebesar 8 persen dari total kuota haji nasional. Untuk tahun 2023, kuota haji nasional Indonesia adalah sebesar 229.000 orang. Jadi, kuota haji untuk layanan khusus ini adalah sekitar 18.320 orang. Jumlah ini dibagi lagi sesuai dengan proporsi kuota haji reguler di setiap provinsi.

Jadi, jika Anda mendaftar haji plus tahun 2023, kemungkinan besar Anda akan berangkat pada tahun 2028-2032, tergantung pada provinsi asal Anda. Namun, ini juga bisa berubah, tergantung pada kebijakan pemerintah dan situasi global. Misalnya, pada tahun 2020 dan 2021, tidak ada keberangkatan haji sama sekali karena pandemi Covid-19.

Bagaimana Prosedur Cara Daftar Haji Plus?

Setelah mengetahui Biaya haji plus untuk 2 orang dan Anda tertarik untuk memilih paket layanan tersebut, berikut adalah beberapa cara daftar haji plus yang bisa Anda ikuti:

  1. Memilih PIHK resmi dan terpercaya. Anda bisa melihat daftar PIHK yang resmi dan terdaftar di website Kementerian Agama
  2. Menghubungi PIHK yang dipilih dan menanyakan informasi lengkap mengenai paket haji plus yang ditawarkan, termasuk biaya, fasilitas, jadwal, dan persyaratan
  3. Melakukan pendaftaran secara online atau offline di PIHK yang dipilih. Anda harus mengisi formulir pendaftaran, membayar setoran awal, dan melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti paspor, kartu keluarga, akta nikah (jika sudah menikah), dan lain-lain
  4. Menunggu konfirmasi dari PIHK mengenai status pendaftaran Anda. Jika diterima, Anda akan mendapatkan nomor porsi haji plus dan nomor pendaftaran haji khusus (NPHK)
  5. Melakukan pembayaran pelunasan biaya paket haji plus sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh PIHK. Anda juga harus membayar biaya visa haji dan biaya perlindungan jemaah haji Indonesia (BPJHI)
  6. Mengikuti bimbingan manasik haji yang diselenggarakan oleh PIHK. Selain itu, Anda juga harus melakukan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku
  7. Menyiapkan perlengkapan haji dan berangkat menuju embarkasi sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh PIHK. Anda akan diberangkatkan ke Tanah Suci dengan pesawat terbang dan mendapatkan pelayanan haji plus selama di sana

Akhir Kata

Sebagai kesimpulan, biaya haji plus untuk 2 orang mencapai Rp 240 juta. Akan tetapi, biaya ini mungkin bisa lebih murah atau lebih mahal, tergantung dari biro travel dan paket layanan haji plus yang Anda pilih. 

Sambil menunggu waktu keberangkatan, jangan lupa untuk mempelajari doa untuk orang berangkat haji mabrur. Semoga Allah SWT senantiasa mempermudah semua urusan Anda sampai di Tanah Suci nanti. Amin… 

Peter

Recent Posts

5 Strategi Efektif untuk Menangani Rasa Kantuk

Apakah Anda sering merasa kantuk di tengah hari, saat bekerja, atau bahkan saat berkendara? Rasa…

11 jam ago

10 Film yang Diperankan Ma Dong Seok, Aktor Film Aksi Asal Korea!

Kita akan membahas film Ma Dong-Seok atau film yang diperankan Ma Dong Seok; aktor film…

2 bulan ago

Mencari Rumah di Serpong Harga 150 Juta: Mungkinkah?

Rumah di Serpong Harga 150 Juta - Serpong, sebuah kawasan di Tangerang Selatan, dikenal sebagai…

2 bulan ago

Eksplorasi Game Offline Seru untuk Remaja: Mengapa Mereka Layak Dicoba?

Portal Berita Game Indonesia - Dalam era teknologi modern ini, game telah menjadi bagian tak…

3 bulan ago

Koin Ungu Higgs Domino Untuk Apa? Yuk Kita Cari Tahu

Higgs Domino, sebagai salah satu permainan domino online yang populer, terus memikat jutaan pemain dengan…

4 bulan ago

10 Ucapan dan Doa untuk Orang Berangkat Haji Mabrur

Ucapan dan doa untuk orang berangkat haji mabrur merupakan ekspresi bahagia atas diberikannya kesempatan naik…

6 bulan ago